Aris Sopiandi Muklis

Bapak Aris ini adalah seorang pemuda yang lahir di Kota Kembang Bandung pada tanggal 08 November 1988. Beliau sangat mencintai olahraga, terutama olahraga lari. Saking cintanya terhadap olahraga tersebut, tidak sedikit berbagai macam event Trail Run atau lomba lari baik event nasional maupun event internasional ia ikuti. 

Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga lari adalah olahraga yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat terhadap kegiatan tersebut, baik lari dalam perlombaan ataupun di luar lomba. Dilihat dari kacamata kesehatan, olahraga ini sangat banyak manfaatnya. Sebab, hampir seluruh tubuh bergerak saat lari. 

Tidak hanya sampai disana, lari juga merupakan latihan kardiovaskuler yang sempurna. Karena kita bisa membakar banyak lemak, paru-paru kita dipaksa menghirup banyak udara, bahkan diyakini dapat menghilangkan stres serta depresi yang sedang dialami. Selain manfaat di atas, Boldsky menegaskan bahwa berlari itu memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut,


  1. Menurunkan berat badan. Seperti yang diyakini banyak orang bahwa lari merupakan cara yang lumayan cepat untuk membakar kalori. Jika dilakukannya secara rutin, maka dalam waktu yang singkat dapat menurunkan berat badan. 
  2. Kesehatan jantung. Percaya atau tidak ketika seseorang berlari maka sirkulasi yang ada di dalam tubuh menjadi lancar. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Kegiatan berlari jika dilakukan secara teratur akan meningkatkan ketahanan tubuh.
  4. Koordinasi tubuh yang baik. Ketika seseorang berlari maka sistem koordinasi tubuh akan terlatih. Misalnya tangan dan mata, atau kaki dan mata, serta lainnya.
  5. Penyingkir stres. Saat berlari maka sistem pernafasan akan bekerja maksimal menerima dan mengeluarkan udara. Hal tersebut membantu menyingkirkan stres dalam tubuh.
  6. Mempercepat kerja otak. Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membuat banyak oksigen masuk dalam jaringan tubuh, termasuk otak. Ini akan menyehatkannya.
  7. Kesehatan pencernaan. Dengan berlari maka proses metabolisme tubuh akan lancar, termasuk juga kesehatan pencernaan.
  8. Mengurangi resiko diabetes. Lari akan memotong resiko seseorang menderita diabetes.
  9. Tidur nyenyak. Usai berlari, maka otot tubuh akan lelah dan mengirimkan sinyal untuk beristirahat. Ini akan baik bagi seseorang yang mengalami gangguan tidur.
  10. Memperlambat proses penuaan. Kebiasaan berolahraga akan membuat seseorang berkeringat, dan itu merangsang toksin racun keluar melalui pori-pori. Efeknya kulit akan sehat, dan akan tetap terlihat muda.
Selain rajin berolahraga, pak Aris juga diamanahi menjadi guru Penjas di SD HAS Darul Ilmi. Jadi Alhamdulillah siswa-siswa di SD HAS Darul Ilmi dilatih oleh seseorang yang profesional di bidang olahraga. Beliau menuntut ilmu pda Program Sarjana (S1) di Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan FPOK (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi) dan lulus pada tahun 2006. Beberapa lomba yang pernah diikuti oleh beliau, antara lain sebagai berikut;
  1. Atlet PAMOR Ekspedisi 14 Puncak 10 Hari, Jawa-Bali-Lombok, Juni 2011
  2. TAHURA Trail Run 2014
  3. TAHURA Trail Run 2015
  4. GOTRAIL 30K Sentul 2014
  5. Atlet PAMOR Ekspedisi 14 Puncak 8 Hari, Jawa-Bali-Lombok, Juni 2014
  6. Mount Rinjani Ultra 52K 2014
  7. Independence Day Run Fighting Long Runner, Lari Bandung - Jakarta, 178 KM dengan waktu 45 Jam.
  8. Mesastila Challenge Ultra 2014 60 K
  9. Translantau 100 K Hongkong 2015
  10. Bandung Climbathon 62 K 2015
  11. Burangrang Mountain Race XV 25 K 2015
  12. Mount Rinjani Ultra 52 K 2015
  13. Merdeka Run 70 K 2015
  14. Mesastilla Challenge Ultra 100 K
  15. Jakarta Ultra 100 K 2015
  16. Gede Pangrango Ultra 75 K 2015
  17. TAHURA Trail Run Marathon 2015
Dari beberapa even di atas, beliau berhasil menjadi juara lebih dari tiga kali. Dalam waktu dekat ini Insya Allah beliau akan terbang ke Francis untuk mengikuti even lari di Mount Blanc. Demikianlah profil singkat guru olahraga di SD HAS Darul Ilmi yang bernama Aris Sopiandi Muklis, S.Pd. 
* * *

Oleh : Hilman Ramadhan F


Komentar